Senin, 28 September 2020

Kiat berbicara didepan umum (tehnik berpidato yang baik)

 Setiap orang yang bicara pasti ada hitungan dan pertanggungjawaban dihadapan Alloh, maka kita bicara harus ‘BMT Tensofales. BMT adalah singkatan dari Benar, Manfaat dan Tidak menyakiti, ‘Benar’; sebelum berbicara yakinkan bahwa apa yang akan kita ucapkan adalah benar. Jangan mendramatisir apa yang kita bicarakan. Jangan berbohong, lebih baik dianggap ‘bodoh/tidak tahu’ dari pada harus berdusta. Kemudian ’Manfaat’; pastikan tiap perkataan dan pembicaraan memiliki manfaat bagi orang lain. Berbicara memerlukan waktu, maka waktu tersebut harus dipertanggungjawabkan. Lalu, ‘Tidak Menyakiti’; jika perkataan dirasa telah benar dan bermanfaat, maka berusahalah untuk menyampaikan dengan tidak menyakiti perasaan orang lain. Perhatikan cara kita dalam berbicara, jangan menyakiti baik melalui pilihan kata atau pun nada dalam berbicara.

Sementara ‘Tensofales’ adalah singkatan dari ‘Tenang’; biasakan berbicara dengan tenang, tidak tergesa-gesa, dan tidak terlalu cepat serta jangan terlalu lambat. Lalu, ‘Sopan’; pilihlah kata-kata yang paling baik serta sopan saat beradu tanggapan dengan orang lain. Kemudian ‘Fasih’; pastikan setiap perkataan itu fasih, jelas, dan terdengar bagi yang lain. Setelah itu, ‘Lembut’; semua tutur kata Rasulullah sangat lembut, benar, manfaat, dan tidak menyakiti orang lain. Dan akhirnya, ‘Secukupnya’; bicaralah secukupnya. Usahakan dan niatkan bahwa apa yang dibicarakan bermanfaat, diridhai oleh Allah dan menjadi amal saleh. (Aagym)


Tidak ada komentar:

Lokakarya 6 calon guru penggerak kabupten Bandung Barat 2022

Pelaksanaan Kegiatan Lokakarya 6 cgp kabupaten Bandung Barat #merdekabelajar #gurupenggerak Kegiatan lokakarya 6 ini dilakukan pada tanggal ...